TOP 5 Sajian Lezat Idul Adha di Indonesia

Beberapa hari yang lalu akhirnya pemerintah Indonesia menentapkan hari Raya Idul Adha pada tahun 2016 melalui sidang Isbat, yaitu Idul Adha pada tahun ini ditetapkan pada tanggal 12 September. 
12 September?

 Hmm...

Tepat pada tanggal 12 September tahun ini, kebetulan saya berumur 21 tahun loh. Saya tidak sabar hadiah apa yang akan diberikan dari orang tua saya. Sebelumnya, tanggal 11 september adalah hari lahir ayah saya, kami sekeluarga biasa merayakan kelahiran bersama dengan makan enak.

Tahun ini pasti akan lebih spesial, keluarga kami tidak gila daging tapi sangat menyukai daging. Masakan yang disajikan mama untuk saya dan ayah pasti akan lebih seru tahun, mengingat akan segera datang berkilo-kilo daging di rumah. 

Mulai sekarang, saya sudah mulai menebak-nebak. Sajian apa yaaa yang akan disajikan mama saya?
Mungkin salah satunya bisa dilihat di TOP 5 Sajian Lezat Idul Adha di Indonesia.

1. Sate
Apa ada diantara kalian yang ga kenal sama yang satu ini? Kalo kalian ga kenal coba keliling tetangga, niscaya kamu akan mendapati ada yang sedang bakar-bakaran tusukan daging kambing atau sapi diatas arang. Ini bahasa kok gini amat ya? hahaha
Sate saya tuliskan di nomer satu karena saya rasa memang inilah sajian yang paling digemari di Indonesia. Selain itu cara membuatnya pun relatif gampang, mulai daging yang dipotong kotak-kotak lalu tusuk-tusuk sesuai selera. Kemudian bakar diatas arang, kipas-kipas sampe tangan kita cape lalu sajikan dengan bumbu kacang atau sambal kecap dengan tomat sebagai pelengkap rasa. hehe

2. Tongseng
Baik itu daging kambing maupun daging sapi, keduanya sama-sama enak untuk dimasak menjadi tongseng. Tapi beberapa orang lebih menyukai tongseng dari daging kambing, entah apa alasannya tapi memang ini adalah sajian yang paling disukai oleh ibu rumah tangga. Meskipun cara masaknya agak ribet, percaya saja sama ibumu dia tahu cara mengolah segala bahan. 

3. Rendang

Rendang cocok banget bila disajikan dengan sayur nangka dan sambal hijau. Kalo udah gini siapa yang bisa nolak? Tinggal tambah nasi jadilah nasi padang. hehe
Beberapa keluarga cukup banyak menyajikan rendang saat idul adha, karena bumbu yang dibuat pada rendang yang meresap dengan baik akan membuat daging menjadi awet. Orang padang bilang rendang yang dimasak dengan benar katanya bisa bertahan berbulan-bulan. Makin lama bukan makin basi, tapi makin meresap bumbunya dan makin lezat dagingnya. 

4. Gulai

Masyarakat disekitar saya menyebutnya becek kambing. Saya orang jawa tulen dan bertahun-tahun sudah hapal betul cita rasa dari rempah yang ada pada gulai ini. Di jawa tengah misalnya daerah Banyumas, gulai ini sering disajikan pada acara-acara tasyakuran. Hari raya Idul Adha bagi beberapa orang di Jawa Tengah, khususnya daerah Banyumas adalah hari yang pas untuk bersyukur. Memasak gulai kemudian mengajak beberapa tetangga untuk mampir adalah tradisi yang sepertinya mulai pudar. Jadi kalo rumah dikau dekat jangan lupa ngajak mas ini mampir yaa?

5. Semur Daging
Hidangan ini sangat nikmat untuk disajikan untuk makan bersama, karena cita rasa dalam rebusan daging yang diolah dalam kuat coklat pekat yang terbuat dari kecap manis, bawang merah, bawang bombai, pala dan cengkeh ini memiliki cita rasa yang sangat Indonesia. Dagingnya entah bagaimana cara memasaknya beberapa orang bisa membuatnya sangat empuk. Rahasianya ada di dapur ibumu guys!

Seenak apapun masakan yang diolah dengan daging, jangan sampai berlebihan makannya yaa! Hampir semua hal yang berlebihan sebenarnya kurang baik, apalagi yang sudah punya penyakit mengenai kolesterol dan yang lain-lain. Makanlah secukupnya, jangan lupa mengajak tetangga mampir juga. Apalagi kalo ternyata ada diantara kalian yang baca ternyata adalah tetangga saya. Hahahaa.

Tetap jaga kesehatan yaa! Semoga yang ikut berqurban tahun ini mendapat banyak berkah dan pahala yaa. 


Ini baru masakan dari Indonesia, pengin tau masakan hari Raya Idul Adha dari berbagai sisi dunia? Lihat disini !

Selamat hari raya Idul Adha!

Eh, sebentar lagi. :)

Postingan terkait: