6 Kebiasan yang Membuat Anda Kaya

Kebiasaan bisa diartikan sebagai rutinitas sehari-hari yang dijalani oleh seseorang sejak ia kecil hingga menjadi dewasa. Kebiasaaan ini tentu sulit untuk dihilangkan, karena diri kita yang sekarang ini adalah sesuatu yang kita terima terus menerus dari suatu lingkungan hingga akhirnya kita dewasa. 

Tanpa kita sadari sebuah kebiasaan ini telah membangun pola pikir kita untuk menjadi orang baik atau buruk, bahkan kebiasaan ini juga dapat menentukan apakah kita akan menjadi orang kaya atau miskin.

Sehebat apapun sekolahnya, setinggi apapun gelarnya tidak akan menetukan nasib seseorang. Contoh misal Anda adalah seorang Cumlaud, lulusan terbaik UGM tapi Anda memiliki sebuah kebiasaan yang sangat buruk, Anda pasti akan kesulitan untuk menjadi orang sukses. Sebaliknya meskipun Anda tidak berpendidikan sekalipun, namun memiliki suatu kebiasaan yang sangat baik tentu nasibnya bisa menjadi orang yang sangat sukses kelak.

Berikut ini adalah kebiasan yang bisa membuat Anda menjadi orang yang kaya.

1. Bangunlah Mimpi dan Tujuan Hidup
Apapun yang terjadi pada kita hari ini, janganlah pernah membuat kita menjadi seseorang yang putus asa akan apa yang kita mimpikan.  Teruslah bermemimpi untuk sesuatu dari sekarang. Bangunan sebuah perusahaan besar di Indonesia. Belilah mobil mewah, nikahilah wanita atau pria yang Anda idamkan. Apapun bisa terjadi jika kita masih mau bermimpi untuk mendapatkannya.

Catatlah di dalam hatimu dalam-dalam, berusahalah sekeras mungkin, berdoalah dan kemudian kita tinggal menunggu dengan sabar sampai akhirnya apa yang kita cita-citakan terwujud. Tujuan hidup itu penting, kamu bisa menuliskan sebesar mungkin apa yang kamu inginkan di tembok kamarmu. Lalu berbahagialah, karena suatu saat cita-cita itu akan segera tercapai.

Mari bersama-sama untuk bangun mimpi kita masing-masing. Jika ada yang lebih dulu berhasil, Anda boleh menceritakannya padaku dan aku akan membagikannya pada yang lain.

2. Hindari Kenikmatan Sesaat yang Tidak Sehat
Anda harus tau beberapa calon orang miskin memiliki kelebihan berat badan karena terlalu sering berfoya-foya dan bermalas-malasan. Hindari kemalasan, berolahragalah dan pilihlah makanan dan minuman sehat. 

Berhentilah merokok, jauhi minuman keras dan jangan pernah pergi ke tempat hiburan malam untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup. Simpan uang Anda untuk modal tabungan masa depan. Buang gengsi demi kesuksesan Anda di masa depan. Batasi konsumi kalori harian jangan sampai berlebihan. Hindari Junk Food juga.

3. Jauhi Hiburan, Ganti dengan Belajar
Seseorang dengan mental miskin biasanya sering menghabiskan waktu ber jam-jam untuk mencari hiburan di Internet. Seperti menonton video, bermain game dan pamer di media sosial. Berbeda dengan seseorang yang memiliki mental kaya, mereka lebih mampu untuk memanfaatkan internet untuk hal yang produktif. Misalnya membaca informasi, belajar, membuat video dan menulis artikel untuk dibagikan melalui blog. Atau jika Anda memiliki lebih banyak waktu lebih baik Anda gunakan untuk beristirahat sejenak. Jika Anda ingin segera menjadi orang kaya mungkin mulai dari sekarang Anda harus mempunyai hobi membaca.

4. Bersosialisasi Dimanapun Anda Berada
Sosialisasi itu penting, dengan menjaga hubungan yang baik dengan tetangga, masyarakat, teman sekolah maupun bos sekalipun akan membuat kita menjadi orang yang memiliki pergaulan luas. Sosialisasi ini akan memudahkan kita memperoleh pekerjaan, teman bisnis dan bahkan mungkin pendamping hidup, Indah sekali bukan?

5. Bangun Optimisme dan Kendalikan Emosi
Perjalanan di hidup ini tentu tidak mungkin semulus kulit bayi. Anda akan melewati banyak sekali rintangan yang terjal dan semua akan sia-sia jika Anda berputus asa, Tetaplah optimis, semua yang mulai kita bangun hari ini apapun itu sepahit apapun itu, kita juga yang akan menikmati kesuksesannya. Banyak orang kaya yang masa lalunya begitu berdarah-darah sebelum menuju kesuksesan seperti sekarang ini. 

Satu hal lagi yang penting adalah pengendalian emosi. Hanya orang sukses yang mampu bersabar untuk menahan amarahnya. Sepahit apapun omongan orang mengenai kerja kerasmu, bersabarlah, tetaplah bangun optimisme mengenai apa yang kamu mimpikan. Kemudian ketika sukses nanti, tanpa disengaja Anda telah membeli mulut mereka semua.

6. Biasakan Diri Untuk Bersedekah
Anda harus tahu ada satu hal mengenai bersedekah yang membuat Anda menjadi sangat kaya. Apapun itu baik mengenai harta, jasa maupun ilmu. “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al Hadid: 18)

Allah memurahkan rezeki bagi hambanya yang mau bersedekah. Peliharalah kebiasan untuk berbagi kepada sesama, insya allah rezeki akan selalu datang kepadamu. Seseorang yang kaya sebenarnya tidak pernah dihitung dari harta yang kita miliki. Namun dari mau atau tidaknya kita untuk ikhlas saling berbagi.

Mari kita bagikan segala bentuk kebaikan kita dari sekarang. Bangun kebiasan baik agar kita bisa menjadi orang yang sukses baik di dunia maupun di akhirat nanti.

Salam blogger.

Postingan terkait: