5 Hal Penting Mengenai Blogwalking

Blogwalking atau beberapa orang sering menyebutnya "BW" adalah sebuah perjalanan yang dilakukan para blogger untuk mencari sebuah inspirasi dengan mengunjungi beberapa situs teman maupun situs blog yang didapat dengan browsing (mencari informasi di google). Mungkin agar lebih mudah, mari kita namai orang yang melakukan perjalan tersebut dengan blogwalker.

Blogwalker tidak jarang memberikan komentar untuk blog yang ia kunjungi. Baik itu komentar pedas maupun komentar yang sangat baik. Satu hal yang selalu diharapkan oleh para blogwalker ini adalah mengunjungi balik pada situs yang disertakan dalam berkomentar. 

Saya sendiri baru-baru ini semakin rajin menjadi seorang blogwalker. Tujuannya jelas yaitu untuk menaikan secara drastis traffic blog kita. Sejujurnya maaf saya benar-benar begitu naif, karena selalu berharap orang yang saya kunjungi untuk mengunjungi kembali pada blog saya, berkomentar dan mengeklik iklan yang disediakan di situs saya. 

Kenapa? 

Ya karena saya butuh uang. Hehe.


Sebenarnya bukan itu hal yang saya harapkan. Saya begitu kecewa jika para blogwaker tidak melakukan 5 hal ini :


1. Membaca keseluruhan artikel sebelum berkomentar
Saya sering mendapati beberapa komentar yang sama setiap kali melakukan blogwalking. Misalnya,
"Mantap gan, BW ke situs ini yaaa...."
"Wah, bagus sekali. Bw gan"
dan lain sebagainya.

Saya mungkin terlalu cepat menyimpulkan bahwa beberapa orang itu tidak membaca artikel yang disediakan. Karena saya tau komentar yang diberikan sangat tidak cocok dengan artikel yang ditulis. Kita sedang bersedih hati dan melampiaskannya dalam blog malah dikomentari, "Mantap gan"? Kan sialan!

2. Jangan asal berkomentar
Saya sangat menghargai kebebasan dalam berkomentar. Tapi saya juga setuju dengan sebuah mengenai berbicara. "Mulut mu, harimau mu!" Jaga lisanmu!

Jadi jika ingin berkomentar, tolong dipikir dulu. Karena yang paling berbahaya di dunia ini sebenarnya adalah sebuah kata-kata. Untuk para blogger mungkin lebih baik segera memoderasi komentarnya. 

3. Silahkan tinggalkan situs blog Anda.
Saya begitu sering mempromosikan blog saya. Hingga saya lupa kenapa beberapa orang tidak meninggalkan jejak situs pengunjung di blog saya. Sudahlah jangan malu-malu! Jangan sungkan dan gengsi untuk berbagi apa yang kita tulis. 

4. Mari saling memfollow
Saling mengikuti akan membuat kita saling diuntungkan. Apalagi jika sampai berkenalan dan mengobrol mengenai hal yang sama-sama disukai. Secara tidak langsung kita sudah menjaga silaturahmi meskipun terhalang jarak dan waktu. Eh.

5. Ambil Ilmunya
Kembali lagi ke nomer satu, baca artikelnya sampai beres. Supaya kita bisa mendapatkan ilmu yang sudah dibagikan secara gratis dari rekan-rekan blog kita. Anda juga jangan sungkan untuk berbagi ilmu dari apa yang sudah Anda peroleh hari ini. 

Satu hal yang pasti mengenai blogwalking ini adalah kita harus bisa mendapatkan ilmu dari apa yang kita lakukan. Jangan asal jadi blogwalker tanpa mendapatkan informasi apapun. Mari saling berbagi dan semoga apa yang kita tulis bisa bermanfaat bagi sesama.

Silahkan bagikan link situs Anda di halaman berikut: blogwalker

Salam blogger.

Postingan terkait: