APA ITU MUSIK FOLKS?

Mungkin jika kamu mencarinya di kamus bahasa, Folk itu berarti rakyat. Jadi, Musik Folk adalah musik rakyat atau rakyat bermain musik? Hmm.. Tapi arti sebenarnya dari Folk disini adalah sebuah kesederhanaan. Melalui sisi kederhanaan inilah musik folk dikemas dengan porsi yang berbeda, sesuai kebutuhan hingga akhirnya muncul beberapa karakter dari tiap musisi yang berbeda.

Sebenarnya Folk ini sudah ada di Indonesia sejak tahun 70an, atau bisa juga dibilang 60an. Jika kakekmu orang yang keren di masanya, harusnya dia kenal musisi seperti Gordon Tobing, lagu-lagunya sederhana dan sangat tradisional. Kemudian memasuki era 80an, di jaman bapakmu muncul Iwan Fals, Ebiet G Ade dan banyak lagi. Bahkan Slank yang masih ada sampai sekarang, dulu juga pernah membawa lagu bernuansa Folk.

Akhir-akhir ini, mungkin kita tengah mendengar beberapa lagu dari musisi seperti Payung Teduh, Sore, Efek Rumah Kaca, Float, Teman Sebangku, Tiga Pagi dan Banda Neira. Padahal sejatinya, mungkin beberapa musisi tersebut mungkin mengawalinya dari genre pop atau mungkin Jazz.

Jika Anda tinggal di Bandung, mungkin anda mengenal Mocca. Meskipun sejatinya Mocca mungkin bergenre pop, gayanya benar-benar mirip dengan musik tahun 70an. Beberapa penggemar musik Folk menganggap Mocca hampir menyerupai Folk karena kesederhanaanya.

Karena itu apa ada batasan-batasan untuk musik Folk itu sendiri?
Beberapa orang masih banyak yang simpang siur, menanyakan genre musik dari beberapa musisi. Kemudian beberapa berspekulasi sendiri, orang-orang mulai menganggap Folk berada pada genre yang tidak lazim dikenal. Seperti inilah Folk adanua, nuansa dan sensasinya membawa kita kembali. Entah itu, ingatan yang sangat mengharukan maupun yang sangat menyedihkan. Sampai sekarang, sampai saya menuliskan baris ini, saya belum benar-benar mengerti tentang musik Folk, padahal Folk begitu akrab namun sulit dikenali. Folk adalah orangtua yang baru saja diberi nama.

Saya akan membagikan beberapa lagu bergenre Folks yang selalu ada menemani hari. Diantaranya;

1. Daughter - Youth


2. Bon Iver - Holocene


3. Birdy - Not About Angels


4. The Paper Kites - Bloom


5. The Staves - In the long run


Sebenarnya masih banyak lagi, semoga kalian bisa membaginya dengan saya di form komentar. Mungkin nanti saya akan mencoba mengulas sedikit tentang band folks yang ada di Indonesia.
Terimakasih.

Postingan terkait: