ANDROID TIPS: Mengoptimalkan Kamera Handphone Untuk Photography

Dewasa ini, perkembangan smartphone menjadi sangat cepat. Beberapa merk-merk terkenal berlomba-lomba menghadirkan smartphone baru, dengan fitur hardware kamera dengan pixel yang mumpuni. Saya ingin menyebut merk tapi kayanya ga baik. Jadi saya putuskan sistemnya saja yaitu, mulai dari Android 4.3 (Jelly Bean) sampai yang akan segera hadir Android 6.0 (Marshmallow). 

Sistem operasi yang saya gunakan adalah Android 5.0(Lollipop). Smartphone saya dilengkapi dengan kamera belakang sekitar 8mp, 1080p. Hasil jepretan cukup bagus, fiturnya juga lumayan keren salah satunya adalah geo-tagging, facedetection, HDR, panorama dan yang lainnya. Tapi saya sering mendapati keluhan karena hasil jepretan saya masih kurang maksimal, mungkin karena sebelumnya saya lebih sering memotret menggunakan kamera DSLR dari Nikon.

Saya kemudian mencoba mencari tau, bagaimana cara memaksimalkan hardware kamera saya. Mulai dari browsing di internet, sampai akhirnya ada seorang teman saya menyarankan saya menggunakan Aplikasi ini HDR Fx Pro dan Photostudio Pro. Kenapa harusn yang pro? Karena versi gratisnya banyak iklannya. 

Oke dari pada bosen baca artikel mulu, ini adalah beberapa hasil photo menggunakan HDR Fx Pro.

HDR Fx Pro
Aplikasi ini digunakan untuk mengambil dan mengedit hasil dari gambar yang di ambil.

1. Pengambilan gambar pagi hari, lokasi di Pantai Private Karang Tawang, Nusawungu.

2. Pengambilan gambar sore hari menjelang petang, lokasi di Pantai Widarapayung, Binangun.

3.Pengambilan gambar malam hari, lokasi di Punclut, Bandung.

Photostudio Pro
Aplikasi ini digunakan untuk membuat watermark dari foto yang Anda ambil. Screenshoot aplikasinya seperti ini:


Aplikasi ini memiliki filter menarik, cocok untuk yang doyan selfie. Ada stiker juga, lalu bisa juga buat watermarkmu disini.

Maaf ya kalo foto yang dipakai adalah foto selfie saya dengan saudara saya. Abaikan saja! hehe

Hasil foto tentunya bisa lebih baik dari ini jika kalian sudah terbiasa memakainya. Semua tergantung kehebatan tangan kalian dalam membuat seni fotografi melalui ponsel.

Gimana temen-temen setelah liat hasil photo diatas? Tertarik buat beli SLR yang harganya setinggi langit, atau optimalin aja smartphone Android kamu pake aplikasi ini? Silahkan coba dulu versi gratisnya di playstore. Kalau belum puas tenang aja, versi HDR Fx Pro dan Photostudio Pro sudah disediain di artikel ini. Langsung aja gan apk filenya, keduanya bisa di download disini.

Sekian. Jangan lupa untuk share yaaa! :)

Terimakasih.

Postingan terkait: