Saturday, December 16, 2017

Gempa 7,3 Skala Richter

Shirohige, Manusia Gempa

Gempa dan Kegetiran

Meja kerjaku terbuat dari sebuah cangkir dengan kopi yang penuh kegetiran.

Kegetiran hidup.

Dimana semalam aku melihat setiap orang keluar dari rumahnya untuk menyelamatkan diri.

Ada yang masuk ke dalam kuil-kuil, masjid, gereja dan rumah ibadah lainnya.

Meminta tolong pada sang maha kuasa.

Beberapa orang lari dan bersembunyi. Sementara kematian tetap berada di belakangnya, menghantui.

Ia melekat kuat bagai sebuah bayangan.

Bayang-bayang hitam.

Seperti sebuah cangkir penuh kopi. Yang perlahan-lahan hilang ditelan waktu.

Dimana kopi ini milik tuannya. Terserah ingin habiskan kapan saja.

Sementara pada setiap insan adalah milik tuhan.


Gempa 7,3 Skala Richter
Ficky Septian Ali

Saturday, December 9, 2017

Bagaimana Jika Ternyata Surga Tidak Menyenangkan atau Bahkan Tidak Ada?

Apakah surga ada?
Sesekali waktu luangku adalah secangkir kopi yang kurubah menjadi sebuah tulisan.

Tentang apa saja.

Seperti bagaimana cara menertawakan hidup, politik, agama dan juga sedikit puisi.

Yang terkadang dari setiap puisi ini, menyesatkan.

Misalnya:

"Bagaimana jika ternyata surga tidak menyenangkan atau bahkan tidak ada?"

Mungkin kamu pernah membaca atau melihat tulisan itu.

Ya. Tulisan itu ada pada sebuah dinding disebuah cafe, kutipan di instagram, dan juga hati manusia.

Sepintas terlihat bijak dengan makna yang sangat dalam. Tapi pada kenyataannya sebenarnya tidak.

Bagaimana kamu bisa meragukan tulisan-tulisan indah yang sudah ada sejak ratusan, bahkan ribuan tahun yang lalu.

Yang dituliskan pada kitab-kitab terdahulu.
Yang diturunkan langsung oleh sang pencipta.
Yang disyiarkan melalui manusia-manusia terpilih.

Dan juga,

Yang jauh lebih luar biasa dari karya Kahlil Gibran yang kamu banggakan.

Kitab-kitab itu menjelaskan bahwa surga ada dan sangat indah.

Jika dibandingkan dunia, kenikmatan surga adalah lautan. Sedangkan dunia hanya ibarat setetes air yang diperebutkan.

Ya. Seperti itulah kata-kata.

Terkadang indah dan menyesatkan.



Dari seseorang yang suka membaca kutipan
Untuk dirinya sendiri
Ficky Septian Ali

WAKTU

Waktu
Nyatanya ada banyak hal yang tidak bisa dibeli oleh uang.

Salah satunya adalah waktu.

Apa kita bisa membeli waktu untuk menghapus kesalahan-kesalahan kita di masa lalu?

Tidak! Dan waktumu akan dimintai pertanggung-jawaban kelak.

Untuk apa kau habiskan waktumu?

Thursday, November 16, 2017

Ananda Sukarlan: The Walkout Man

Ananda Sukarlan dan Najwa Shihab

Sekali-kali, saya ingin mencoba ikut ngobrolin politik, musik dan sikap pada seseorang.

Ya. Kita tahu beberapa hari kedepan Ananda Sukarlan akan tetap viral.

Mengingat sikapnya yang WO saat pidato pak Gubernur Anies Baswedan. Padahalan Anies Baswedan terpilih menjadi Gubernur dengan demokrasi.

Saya rasa sebagai seorang pianis dan komponis, ia tidak pantas melakukan hal itu.

Menurutku "oke" dia berbeda pendapat, lalu melakukan WO.

Tapi, untuk apa?

Dikira dengan WO, pak Anis mundur dari jabatan Gubernur?

Tidak!

Ananda Sukarlan bagiku seperti seseorang yang sudah terlalu banyak menyimpan kebencian. Bahkan saya hampir dibuatnya benci.
Saya melihat perbincangannya bersama Najwa Shihab benar-benar tidak seperti seorang pria.

Ia seperti pengecut yang tidak mengakui kesalahannya. Dan anehnya ia tidak menyesali perbuatannya.

Apa salahnya "nerimo"?

Pilgub sudah lama selesai. Saat ini kita sebagai warga tinggal nurut aja, mendukung kebijangan pemerintah daerah.

Dunia mungkin menjadikan Ananda Sukarlan satu-satunya orang Indonesia dalam buku "The 2000 Outstanding Musicians of the 20th Century".

Tapi dengan sikapnya seperti itu saya rasa dunia akan lebih mengenalnya dengan...

"Ananda Sukarlan: The Walkout Man"


Berikut Video Perbincangan Ananda Sukarlan dengan Najwa Shihab:

Friday, November 10, 2017

MENJADI MANUSIA TAK SEBERCANDA ITU

Menjadi Manusia

Menanam dan Memanen Benih Kebaikan

Saya percaya apa yang akan kita dapatkan adalah apa yang pernah kita berikan.

Bahkan mungkin Gusti Allah akan mengembalikannya lebih dari yang kita kira.

Kita tanamkan kebaikan, kita pula yang memanem kebaikan tersebut. Bahkan lebih banyak.

Tapi kondisi manusia zaman now berbeda.

Tanpa sadar dengan lisannya mereka saling menyakiti. Baik yang nyinyir dibelakang, maupun yang terang-terangan.

Tapi bagiku, berani berterus terang adalah yang terbaik. Meskipun ini mungkin terasa seperti pisau yang mengiris.

Kita hidup dimana manusia tidak bisa menjaga sikapnya. Manusia-manusia yang telah kehilangan amanah.

Seperti;

Pejabat yang dititipi uang rakyat namun menghianati, mahasiswa dengan gengsi tanpa melihat kondisi orangtua, anak yang tidak menghormati orang tua dan orang tua yang mengabaikan hak dari anak-anaknya.

Dan juga manusia yang meninggalkan aib dirinya, tapi mempermasalahkan aib orang lain.

Hal ini juga berlaku pada penulis.

Ya. Saya lebih suka menuliskan cerita orang, daripada keburukan saya sendiri.

Maaf.

Tapi.....

Apakah dengan maaf ini berarti tidak menghilangkan rasa sakit?

Ayolah! Menjadi manusia tak sebercanda itu.

Thursday, November 9, 2017

MENGINSPIRASI MANUSIA UNTUK MENULIS

Berawal dari Update Status di Facebook Hingga Jutaan Rupiah per Bulan

Saya mau cerita, siapa tau menginspirasi.

Dulu pertamakali kenal Facebook ini kalo ga salah saya masih SD / SMP.

Game yang saya mainkan Ninja Saga. Tapi yang ingin saya ceritakan bukan soal gaming.

Berawal dari update status di Facebook, ternyata saya jadi mengenal blogger.

Ya. Saat itu Facebook kurang nyaman untuk curhat.

Dari blogger itu perlahan-lahan ternyata bisa menghasilkan.

Karena itu saya putuskan untuk mengambil jurusan IT. Saya pikir sudah saatnya untuk membuat website professional.

Meskipun ternyata ilmu yang saya dapatkan lebih banyak dari teman.

Ya. Saat itu saya suka begadang untuk belajar di Himpunan. Sebenarnya lebih banyak mainnya sih. Hehe

Terimakasih Himatif.

Dari nulis ini saya akhirnya mengenal SEO. Telat kenal.

Awalnya dari hobby nulis ini, saya pernah diundang makan siang disebuah cafe oleh perusahaan asuransi.

Ya. Disini saya bertemu dengan teman-teman blogger yang lainnya. Kami diminta untuk review perusahaan tersebut.

Selain makan siang juga dapat amplop isi 100rb.

Dari nulis ini, saya coba belajar dan terus belajar. Hingga akhirnya karena blog yang mereview sebuah kartun, saya diterima Di perusahaan agency di Jogja.

Lalu dari hobby nulis ini, saya mendapatkan tawaran untuk bekerja Di perusahaan penyedia layanan hosting dan domain terbaik di Indonesia.

Dari sini perusahaan memberikan support untuk karyawannya berupa server VPS dan Domain.

Alhasil saya bisa ternak beberapa website.

Dari website ini, saya juga menjadi partner Google.

Berawal dari 1 digit rupiah sampe akhirnya bisa puluhan sampai ratusan ribu perhari.

Walaupun tidak tentu.

Ya. Intinya jika kamu suka curhat di Facebook, kenapa tidak Coba Coba untuk di pindahkan ke blogger.

Siapa tahu menghasilkan.

Ya ga?

Note: Tulisan disini bukan untuk pamer, tapi untuk menginspirasi. Apa yang saya dapatkan disini juga karena Gusti Allah. 

Kita manusia cuma bisa saling menginspirasi. Sambil saling nyinyir dibelakang.

Spoiler:



Sekian.

DOTA 2 DAN SHIFT MALAMKU

Ketika Begadang Ternyata Ada Gunanya

Dulu zaman kuliah ketika teman-teman asik dengan skripsi dan tugas akhirnya, saya malah asik dengan dota 2.

Bahkan tak jarang bisa sampai pagi. Meskipun akhirnya aku lulus juga. Tanpa predikat "kom laut". hehe

Ya. Saya memang terlambat jatuh cinta dengan gaming.

Saya juga noob. Bukan orang yang jago, bukan orang yang profesional.

Saya suka mendengarkan bacotan Pinoy (orang filipina). Saya juga suka mendengarkan bacotan orang lokal. Hehe.

Dan ini menyenangkan. Melek dari pukul 21:00 - 06:00.

Harga paket malam di warnet saat itu kalau tidak salah kurang dari 15rb.

Gila. Murah banget kan?

Saya sempat mengatakan bahwa, "Duh! Ngopo dolanan dota wae, ora kanggo nggawe!"

Ternyata 1 tahun berselang kalimat ini salah.

Ternyata hasil dari suka melek bengi ini membuatku terbiasa dengan hidup.

Kita ga akan pernah tahu akan berada dimana dan kapan saat memulai sesuatu.

Ya. Begadang ini ternyata ada gunanya di dunia kerja.

Shift malam 8 jam ini ternyata menyenangkan. Meskipun ngantuk tapi kita lebih fokus.

Dolanan dota melek bengi ternyata kanggo gawe.

Semua hal yang kita lakukan di masa lalu sebenarnya tidak akan sia-sia.

Seburuk apapun itu.

Jika buruk, bisa kita jadikan pengalaman berharga.

Manusia memiliki jalannya masing-masing.

Other Pic:

Tambahan: 
Kedua foto diambil pada tahun 2015. Saya masih suka begadang di Beskem Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika, Himatif. Dari sini saya bertemu banyak hal. Saat itu saya kurusan. Mungkin beratnya kurang dari 50 kg. 

2 tahun berselang ternyata berbeda.

Salam, 

Selamat pagi dari seseorang yang tidak akan tidur sampai pukul 07:00 nanti.

Oiya. Jika kamu baca artikel ini sampai baris ini, mungkin kamu telah menyiakan waktumu. Maaf. Hehe.

Sekian.

Saturday, May 20, 2017

10 CARA PALING AMPUH UNTUK MENYEMBUHKAN PATAH HATI TANPA RASA SAKIT


Patah Hati? Ga masalah. Aku masih bisa bahagia kok.
Patah Hati? Ga masalah! Selama masih ada serpihan yang utuh maka masih bisa kita sembuhkan kembali.

Yang patah itu akan tumbuh. Membuat hatimu semakin kuat untuk menghadapi masalah percintaan yang lebih berat. Jika hatimu yang patah itu sulit untuk disembuhkan, belikan saja lem Alteko. Besi yang patah saja bisa dikembalikan masa kamu tidak.

Kalo masih belum sembuh juga, coba bawa ke bengkel untuk di las. Siapa tau luka yang tercipta bisa diperbaiki lagi. Jika kurang mulus bawa ke ketok magic. xD

Cara Untuk Mengobati Patah Hati

 Jangan bersedih temen-temen. Berikut ini adalah 10 Cara Paling Dahsyat Untuk Mengobati Patah Hati Tanpa Rasa Sakit:
 

1. Jangan mengingkari kesedihan

Gausah bohong. Terima aja. Setiap kehilangan akan selalu meninggalkan kesedihan. Namun, apabila kamu ikhlas, maka tuhan akan menggantikannya dengan orang yang lebih baik.

Mengingkari bahwa kamu sedang bersedih sama saja dengan berdusta kepada diri sendiri. Hal itu malah membuat dampak psikologis yang buruk buat kamu. Langkah pertama untuk mengobati patah hati adalah 'NRIMO' menerima atas segala sesuatu yang terjadi.

Lagi pula, kamu terlalu mahal buat dia. Santai aja. Untuk tahap awal mah nangis gapapa. Lagi pula menangis normal kok.

2. Cari suasana yang nyaman dan santai

Kalo bisa sih kamu cari jalan yang ga bikin kamu bertemu dengan si dia. Muter aja. Jangan sampai kontak mata dengan si dia. Kalo sampai kontak mata hati-hati baper. Baper itu ga baik. Lagi pula bertemu dengan si dia cuma bikin rasa sakit aja. Mending cari suasana yang nyaman aja. Kalo bisa sih tinggalin dulu rutinitas yang membuat kamu papasan dengan si dia.

Misalnya: Jangan berangkat sekolah / kuliah jika kamu satu sekolah / kampus dengan si dia.

Kalo bisa si di rumah saja dulu. Tapi kalo kamu anak rantau yaa di kos aja dulu. Tapi... Kalo di kos kamu keinget tentang si dia yaudah pulang ke rumah. Temui bapak dan ibumu nak. Mereka kangen. Kamu pasti tau orang tua adalah tempat terbaik untuk pulang. Mereka adalah rumah yang selalu memberikan rasa nyaman dan santai.

3. Bahagian diri sendiri.

Oke. Sekarang kamu adalah seorang pria / wanita yang bebas. Kalo kamu pria coba pergi ke warnet, tamatin salah satu game online disana. Kalo kamu wanita yaa coba deh habisin uang kamu buat belanja. xD

Tapi jangan berlebihan ya guys... Nanti malah nambah masalah lagi.

Intinya bahagian diri sendiri itu bisa dengan ketemu teman-teman. Cari lah! Yang lama di panggil lagi. Cari lagi yang baru gapapa, asal jangan lupai yang lama. Rasanya sejak kamu sama si dia mungkin waktu kamu sama temen-temen kamu berkurang kan? Sudah saatnya menjaling pertemanan lagi. Dan persiapkan diri kamu untuk lebih bahagia karena sendiri.

Single is Fun, mba bro.

4. Hindari hal-hal yang berkaitan dengan dia

Misalnya jalan yang biasa dia lewati, media sosial, tongkrongannya, teman dia makan dan lain sebagainya. Intinya hindari apapun yang berkaitan dengan dia! Apabila kamu ketemu di jalan sama dia dan pacar barunya, gimana perasaan kamu guys? Sedih ga?

Pokoknya lebih baik hindari! HINDARI APAPUN YANG BERHUBUNGAN DENGAN DIAAAA! 1 bulan saja cukuplah asal konsisten yah! KEEP ISTIQOMAH!

5. Berdamai dengan keadaan

Maksudnya damai aja. Apapun keadaanya usahakan buat dirimu berdamai dengan keadaan. Tujuannya adalah agar kamu tidak membuat onar di tempat-tempat yang terduga. Biasanya sih orang yang baru patah hati ini suka mencari hal-hal pembuktian bahwa kamu tidak layak untuk di tinggalkan. Karena itu buktikanlah dengan berdamai dengan keadaan.

6. Habiskan waktu bersama keluarga dan teman

Sejak kamu pacaran sama si dia. Coba kapan terakhir kamu makan bareng sama keluarga? kapan terakhir kamu hangout dengan sahabat? Kapan mblo?

Sangat lama kan?

Yaudah kali ini ajak keluarga / temanmu untuk berpergian. Gausah jauh-jauh. Cari aja tempat wisata yang paling dekat dengan daerah kamu. Happy aja.

7. Cari kesibukan

Coba ingat lagi. Kamu sudah lulus belum? Itu sejak pacaran skripsi kamu ga beres-beres loh nduk. Kerjain gih! Kalo skripsinya udah beres yaudah cari kesibukan lain. Barangkali kamu punya cita-cita yang belum tercapai, nyicil aja sedikit dari sekarang. Misalnya pengin jadi penulis buku nih? Yaudah nulis aja di blog. Kaya ane. Hehe

8. Optimis menghadapi masa depan

Aduh. Kalo kamu pesimis menghadapi masa depan artinya kamu sudah mati hari ini. Sekarang saatnya memulai sesuatu yang baru. Tinggalkan kebiasaan lama yang tidak ada manfaatnya. Misalnya memikirkan dan mengingat-ingat mantan.

Sekarang sudah saatnya untuk bangkit menatap ke masa depan yang lebih cerah. Tenang aja, saya liat jodoh kamu lebih baik kok dari pada dia. Santai aja. Kalemin aja mba-broooo...

9. Jatuh cinta lagi

Ini agak susah sih. Lupain aja tips yang ini. Langsung lanjut ke tips berikutnya.

10. Bertaubat kepada Allah dan menyadari bahwa pacaran bukanlah hal yang baik

Ya. Jika kamu jatuh cinta kepada suatu makhluk dan ingin selalu bersamanya kelak, maka dekatilah penciptanya dulu. Ketika kamu jatuh cinta kepada suatu makhluk tapi tidak berdoa untuk mendapatkannya artinya kamu adalah orang yang sombong.

Tenang aja. Jodoh ga akan kemana-mana mba-bro. Perbaiki diri aja dulu. Kalo kamu seseorang yang baik, maka akan dipertemukan dengan jodoh yang baik pula. Kalo kamu mau ninggalin hal yang Allah tidak suka (pacaran), maka Allah akan menghindari kamu dari hal-hal yang tidak kamu suka. Apa coba hal yang tidak kamu suka? Banyak kan?

Karena itu dekatilah dulu penciptanya, baru makhluknya. :)

Semoga temen-temen yang patah hati segera bertaubat dan meninggalkan kegiatan pacaran yaaa! Anggap saja itu pembelajaraan yang membuatmu malah menjadi lebih mengenal Allah.

Kalo sudah berhijrah, inget aku yaaa siapa tau kita berjodoh.

Keep Istiqomah Akhi. Keep Istiqomah Ukhti. :)

Semoga bermanfaat.

Friday, May 19, 2017

10 HAL YANG DAPAT ANDA LAKUKAN UNTUK MENJADI SEORANG JUTAWAN, BAHKAN MILYADER

Bukan Uang Yang Membuamu Kaya, Tapi Hatimu

10 Hal yang Akan Membuat Anda Semakin Kaya dalam Satu Tahun

1. Jangan terlalu banyak liburan.

Tidak perlu buang-buang uang untuk berlibur. Jika butuh liburan rencanakan liburan yang jauh sekalian, kalau bisa ke luar negeri. Jadi, paling tidak Anda akan terlihat kaya setelah memotret foto liburan Anda ke luar negeri.

Tapi dari pada melakukan hal itu lebih baik Anda menabung saja. Jika ngebet banget ingin liburan, maka pergilah ke tempat wisata terdekat yang ada di kota Anda.

Kalo tinggal di daerah pesisir ya liburan di pantai yang gratis. Kalo tinggal di gunung ya main ke gunung. Orang kota aja pengin main kesana.

Hehehe..

2. Jangan terlalu sering kondangan.

Kalo ada tetangga atau teman kerja yang mengundang Anda untuk datang ke acara hajatan atau yang lainnya, sebisa mungkin jangan datang. Ya, datang juga ga masalah tapi jangan bawa amplop.

Kalo misal ketemu terus ditanyain, "Kok, ga kondangan mas/mba?"

Jawab aja.

Gatau.

Berpura-puralah untuk tidak tahu akan hal itu. Lupakan. Jangan lupa untuk memakai kaca mata hitam ketika berpergian / keluar rumah. Tujuannya agar Anda tidak dikenal. 


3. Jangan kenalkan pasangan / anak dengan minimarket (indomaret / alfamart / swalayan lainnya).

Intinya sebisa mungkin jangan terlalu sering ke minimarket. Apalagi membawa anak / pasangan. Jajanan mahal. Kalo butuh sesuatu usahakan pergi ke warung terdekat saja. Kalo bisa pergi ke warung yang sepi. 

Kasihan.

Itung-itung Anda ngasih rezeki ke pemilik warung.

Jangan sampai pergi ke minimarket hanya untuk membeli kebutuhan yang bisa ditemukan di warung. Bisa jadi malah pengin beli yang lain (jajanan).


4. Menu makanan dan minuman sehari-hari cukup yang sederhana saja.

Ya, kalo bisa tinggal di desa aja. Lalu, tanamlah tumbuhan yang bisa dimanfaatkan untuk diolah menjadi makanan di pekarangan. Seperti bayam, cabai dan lain-lain. Siapa tahu kalo panen Anda malah bisa jadi kaya raya karena kebun tersebut.

Jika ingin makan ayam. Coba liat rumah tetangga di desa. Kalo malam dipinjem dulu saja. Nanti disembelih. Kemudian jangan lupa untuk dikembalikan kepada tetangga sebagian setelah di masak. Maaf, tips ini tidak berlaku untuk manusia lemah. Dan saya sarankan Anda jangan mencobanya.

Seandainya tinggal di kota ya masak. Jangan biasa makan diluar (resto / cafe). Beli bahan makanan cukup di pasar tradisional saja. Selain bisa nawar, disana ngambil sedikit juga tidak ketahuan. 

Eh.

Jangan mencuri bro!

5. Menghemat listrik.

Rajin pangkal Pandai, Hemat pangkal Kaya. Kabarnya listrik semakin mahal di masa pemerintahan Jokowi. Harga listrik naik. Gimana sih pa, katanya ga akan naikin harga listrik?

Eh.

Malah ngomentarin bapak presiden.

Intinya soal listrik usahakan irit. Jangan terlalu banyak menggunakan barang elektronik. Sesekali saja pakai mesin cuci. Sisanya pakai tangan aja, sekalian olah raga. Selain hemat juga menyehatkan.

Tidak perlu menggunakan lemari es (kulkas). Mau buat nyimpen apa memangnya? 

Tidak perlu memiliki TV. Lagipula sekarang acara TV sudah mulai tidak berkualitas. Media isinya pembodohan dan adu domba. Beritanya tidak jelas. Acara sinetron pun ya ampun tidak bermutu.

Masalah lampu nyalakan saja pada jam-jam malam. Jam 5 nyala, jam 9 matikan. Tidur nyenyak.

6. Sekolahkan anak di Sekolah umum.

Sekolah negeri terhitung lebih murah dari pada sekolah di swasta. Karena itu, didik anak Anak untuk berprestasi agar semakin pintar. Selain itu, kalo pintar kan nanti buat kuliahnya juga bisa beasiswa. Lalu, seandainya Anda belum bisa kaya hari ini setidaknya anak Anda yang kaya. Kemudian secara tidak langsung hidup Anda menjadi lebih nikmat dan enak.

Meskipun sudah tua. Sukur-sukur masih muda.

7. Jangan bergaul yang tidak sehat.

Hindari tongkrongan-tongkrongan yang membuat Anda merokok, mabuk-mabukan dan lain sebagainya. Selain menghindari dosa, menghindari tongkrongan yang tidak baik dapat membuat pola hidup Anda menjadi lebih sehat.

Jangan sampai Anda nongkrong di tongkrongan malah ketemu anak Anak lagi nongkrong juga. Megang botol minuman keras. Jangan sampai!


8. Jangan sering nraktir teman.

Biarkan saja. Jangan mau diajak main. Nanti paling diminta ngebayarin. 

Tapi ga masalh sih.

Selama niatnya sodaqoh / infaq ga masalah.

Oke poin nomer 8 kita bisa lupakan. 


9. Seandainya ada tamu siapkan air putih saja.

Harga pangan mahal. Begitu pula gula dan teh. Apalagi kopi. Kalau ada tamu bilang aja,
"Aduh maaf. Cuma ada air putih. Kebetulan habis tadi pagi."

Eh. Besoknya lagi dia bertamu lagi. Lusa juga. Seminggu main ke rumah. Tenang aja. Kasih aja air putih aja.

Nanti juga hari berikutnya dia sendiri bawa gula. Hahahahaha.


10. Kerja keras dan Berdoa

Jika Anda ingin kaya, maka Anda harus memiliki ambisi itu. Usaha sekeras mungkin, lalu sesering mungkin menabung. Hasil tabungan investasikan untuk membeli barang-barang yang mampu menghasilkan uang. Kemudian menabung lagi kerja keras lagi.

Hanya orang sombong yang tidak meminta kepada Allah untuk sukses. Anda kira hanya karena Anda pandai dan telah kerja keras Anda lupa berdoa. Allah selalu memberikan jalan untuk orang-orang yang berdoa.

11. Bersedekah.

Allah datangkan rezeki tidak perlu ditebak akan datang dari mana. Karena Rizki turun dari jalur yang tidak bisa kita kira-kira. Sisakan uang Anda untuk bersedekah. Sedekah itu mendatangkan kebaikan. Setidaknya kaya itu mudah. Dan Anda bisa memulainya dengan bersedekah.

Anda berikan harta Anda. Ikhlaskan. Relakan kehilangannya. Lalu Allah akan ganti kehilangan itu dengan sesuatu yang lebih baik.


#semangatbersedekah

REZEKI TIDAK AKAN PERNAH TERTUKAR


Menjemput Rejeki

Bismillahirrahmanirrahim.


Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Imam Hasan Al- Bashri berkata :

"Aku tahu rizkiku tidak mungkin tertukar dengan rizki orang lain, karenanya hatiku tenang."

"Aku tahu Amal-Amalku tidak bisa digantikan oleh orang lain, maka kusibukkan diriku bekerja dan beramal."

"Aku tahu Allah selalu melihatku, karenanya aku malu bila Allah mendapatiku melakukan maksiat."

"Aku tahu kematian menantiku, maka kupersiapkan bekal untuk berjumpa dengan Rabb-ku."

Sahabat.

Rezeki itu merupakan anugerah Ilahi bukan dari hasil rekayasa akal manusia, seandainya rezeki itu tergantung pada akal tentu makhluk hewan yang tak memiliki akal tidak mendapatkan rezeki, akan tetapi kenyataannya semua makhluk diberi rezeki oleh Allah tanpa terkecuali, itulah bukti bahwa Allah maha pengasih lagi maha penyayang.

Jangan sampai berfikir ala Qarun, kaya disebabkan karena ilmu yang ada padanya.
"Sesungguhnya aku hanya diberi harta itu, karena ilmu yang ada padaku". (QS Al-Qashash [28] : 78)

Betapa banyak orang yang ilmunya sangat tinggi malah jadi BUDAK/JONGOS/KACUNG orang lain atau hancur usahanya karena memang Allah tidak menghendaki.

Sedangkan seorang pengangguran yang hidup didusun pedalaman yang katrok yang hanya sarungan malahan $$$DOLLAR nyamperin sendiri kerumah tanpa harus macet-macetan dan hidup dibawah telunjuk perintah orang lain.

Karena ketentuan rejeki itu ada diatas langit bukan berada dibumi.

Allah telah membagi rezeki dengan seadil-adilnya, karena Dia Maha Tahu akan kebutuhan hambanya. Jika seandainya semua makhluk diberikan rezeki melebihi kebutuhannya, tentu saja mereka tidaklah bertambah keimanannya melainkan kekufuran dan melampaui batas.

Aduhai, benarlah Allah melapangkan rezeki bagi siapa yang Dia kehendaki dari hamba-hambanya dan juga menyempitkannya yang Dia kehendaki.


Source: FB Mas Dian Umbara

CUKUP SUDAH MENERTAWAKAN DAN MARI BERTINDAK!

Mahasiswa Universitas Indonesia

Dimana Perwakilan Rakyat?

Dari Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia
Muhammad Syaeful Mujab
 
"Fiat Justitia Ruat Caelum: Keadilan harus ditegakan, sekalipun langit runtuh"
-Lucius Calpurnius Piso Caesoninus
(43 SM)

Selamat malam UI dan Indonesia,

Senang rasanya, meski sedang bergejolak dengan UAS, diskursus gerakan di kampus perjuangan tetap hidup. Semoga ini menjadi pertanda yang baik bagi perjuangan gerakan UI ke depannya.

Kawan-kawanku,
Masih ingatkah kita terhadap aksi yang dilakukan oleh salah satu aliansi BEM di Indonesia pada awal tahun 2017 yang membawa framing "Reformasi Jilid II" yang merespon kenaikan harga beberapa komoditas di awal tahun ini. Barangkali, kita juga masih ingat bagaimana IKM UI melalui BEM Se-UI menyikapi isu tersebut. Atau barangkali kawanku ingin membaca kembali bagaimana sikap BEM Se-UI waktu itu kawanku bisa membuka link berikut http://pendek.ga/BEMSEUI_Kenaikan .

Di dalam lembar evaluasi tersebut, BEM Se-UI mengkritisi isu kenaikan beberapa komoditas seperti Tarif Dasar Listrik (-yang sampai saat ini belum terselesaikan) dan isu lainnya. Tetapi karena tidak sepakat dengan framing aksi yang diangkat, kami memutuskan untuk tidak melakukan mobilisasi massa dan memberikan ultimatum jika kondisi tak membaik maka kami akan melakukan mobilisasi massa. Sikap yang sama juga dikeluarkan oleh saudara tua kita dari bumi Ganesha, kawanku bisa turut membaca di link berikut bit.ly/suratterbukaKMITB .

Sembilan puluh hari kerja pasca penyikapan tersebut dan dengan kondisi yang tak kunjung membaik, IKM UI berkolaborasi dengan KM ITB memutuskan untuk menggunakan hak konstitusional kita sebagai warga negara untuk menyuarakan aspirasi terkait kondisi bangsa, tentu dengan harapan bisa merubah keadaan.

Barangkali semua merasa kondisi sekarang baik-baik saja, kawanku sudi kiranya membaca kajian kami berikut:

Kajian BEM UI: bit.ly/Kajian19MeiBEMUI
Kajian KM ITB: bit.ly/Kajian19Mei

Semoga sedikit tulisan di atas dapat memberikan penyadaran tentang kondisi bangsa saat ini. Atau barangkali kawanku tidak sepakat, berdiskusi yang bersahabat dengan secangkir kopi hangat mungkin menyenangkan.

Jika saya boleh berpendapat, kondisi bangsa ini bisa tergambarkan dari sebaris sajak ini,

-------
Bangsa ini memang mengundang tawa
Ekonomi semakin menindas yang tak berdaya, hukum berpihak pada yang berkuasa

Dulu,
Karena Bung Hatta tidak korupsi
Sampai mati ia tak bisa membeli sepatu Bally
Sekarang,
Tak banyak orang yang seperti Bung Hatta
Memimpin tanpa menguras harta negara

Dulu,
Demokrasi kita mengenal trias politika
Sekarang,
Barangkali yang dikenal Trias Koruptika

Ikhtiar kemanusiaan dan keadilan terjungkal kandas
Perselisihan cabang kuasa dalam keengganan berantas rasuah
Ketidaksewenangan masih jauh dari mati, persekutuan jahat masih menari dan menyanyi

Di tengah negara yang tak berdaya, insiatif dan keberanian warga menjadi niscaya
Sambut seruan ini, langkahkan kakimu ke jalanan

Barangkali ini jadi momen langka
Dua saudara tua kembali bersua
Makara dan Ganesha tak mau bungkam
Sudah saatnya tunjukan keberpihakan

Semoga Tuhan selalu membersamai kita semua

--------

Barangkali kawanku tergugah, kawanku bisa bergabung dalam barisan besok. Informasi lebih lanjut https://timeline.line.me/post/_dQU2sFNIeHXq5M-8jzAEgYvMvWYu0LTeXBk1Q-w/1149511445810084021

Masih tak sepakat? Tak apa, ketidaksepakatan adalah sebuah keniscayaan. Namun izinkan, setidaknya saya, untuk menunjukkan keberpihakan dan berhenti menertawakan. Seruan ini akan tetap berlaku, kecuali esok keadilan sudah tak lagi layu.

Mari sambut seruan dan ambil bagian!

Salam Hangat dari kawanmu,
Muhammad Syaeful Mujab
Ketua BEM UI
Bagian dari IKM UI

Pic:















Friday, May 12, 2017

HALO BANDUNG

Halo Bandung, Apa Kabar?
Ini mungkin cerita lama.
Aku minta maaf baru sempat menulisnya.

Saat itu
Aku mengantri di Stasiun Tugu untuk membeli tiket
Kereta api yang mengatarku ke tempatmu berada.

Sepanjang antrian
Aku berharap agar bisa bertemu denganmu nanti
Di Bandung, kota tempatmu tinggal.

Setibanya disana
Semua wajah ramah menatapku curiga,
Membuat kota ini nampak sangat asing bagiku.

Supir taksi yang bertebaran tawar-menawar jasa mengantarkan dengan tarif argo yang menyebalkan.

Dari taksi ini
Diantarkanlah jiwaku perlahan untuk mengingat
Bandung dan jalanannya.

Sepeninggalanku,
Bandung seperti berubah menjadi lebih dingin dari biasanya,
Seperti sikapmu beberapa waktu yang lalu.

Dan
Aku menaruh seluruh hatiku untuk tetap tinggal.
Sudah saatnya aku kembali.

Lalu
Apabila yang terjadi pada hari ini ternyata sia-sia, maka
Aku akan merelakannya untuk benar-benar pindah sebelum semuanya berakhir.

Tapi
Jika kamu tetap disini, aku akan tetap tinggal
Bersama setiap kenangan yang pernah kau bawakan

Namun
Aku tahu kota ini tak seperti dulu lagi, begitu pula dengan dirimu
Kamu sudah menjadi orang yang asing bagiku.

Tapi
Setiap kenangannya kembali tergambar jelas dalam pikiranku.
Wajahmu mengingatkan aku kepada sosok seseorang yang pernah paling aku cintai.

Lalu
Sekali lagi aku akan mencoba menghapus setiap gambar pada memori.
Meski aku tahu mereka akan selalu mengikuti di belakangku seperti hantu.

Dan
Apabila aku merindukanmu, aku akan menyapamu dengan sangat berhati-hati;
Halo Bandung, bagaimana kabarmu?


Yogyakarta, 12 Mei 2017
Oleh
Ficky Septian Ali

Tuesday, May 9, 2017

MENJADI BAPAK RUMAH TANGGA

Bapak Rumah Tangga | Source: Google Images

Rasanya udah lama yaa saya ga curhat. Hehehe

Kali ini saya ingin bercerita tentang apa yang aku cita-citakan selama ini.

Saya rasa semua pria memiliki cita-cita yang sama denganku.

Cita-citaku:

Menikah dengan seorang wanita yang CANTIK, KAYA, PINTAR, BAIK dan juga SHOLEHAH.

Hahahahahaa...

Jangan lupa harus gede juga yaaaa....

Eh..

.....&^*^%^$!!

Anuu....IMAN-NYAAAA.....

Oke kita mulai saja dari sini.

Bapak Rumah Tangga

De, siapapun kamu, jodoh aku di masa yang akan datang.
Perkenalkan. Aku adalah seorang pria sholeh yang bercita-cita sebagai bapak rumah tangga.

Aku tak peduli, dengan pekerjaanku!

Selama hal itu sudah cukup untuk menafkahi kamu dan anak-anakku, maka biarlah pekerjaan itu menjadi pekerjaan yang kedua.

Aku yang sebenarnnya hanya ingin menyempatkan waktuku untuk selalu bersama kalian.

Aku tak ingin terlalu disibukan dengan pekerjaanku. Aku memilih untuk lebih banyak waktu di rumah.

Aku ingin mengganti air galon di dispenser seminggu sekali. Aku ingin sekali-kali memasak untuk keluarga. Aku ingin sekali-kali membantumu mencuci baju dan piring-piring. Aku ingin sekali-kali mengepel lantai. Aku ingin sekali-kali mencuci kamar mandi.

Aku ingin ini itu banyak sekali.

Aku ingin sering kali kita liburan ke tempat-tempat yang baru.

Aku ingin mengantarmu berbelanja. Aku ingin mengantar anak-anak ke sekolah. Aku ingin mengajari anak-anak membaca, menulis dan mengaji. Aku akan berikan ilmu pengetahuan tentang agama yang baik, kepada anak-anak kita.

Aku tak ingin menjadi seorang pekerja. Pekerja yang terlalu keras untuk bekerja. Sehingga aku lalai kepadamu, anak-anak dan keluarga kita.

Meskipun aku akan lebih sering di rumah. Ya, biarkan saja. 

Aku hanya ingin menjadi seorang bapak rumah tangga yang sederhana, namun kaya raya dan tidak sombong. 

Kaya pada dunianya. Kaya pada akhiratnya.

Yang duduk diam dapet duit mirip dengan Bapak Bob Sadino.

Yaaaa....

Kita akan punya usaha yang besar sayang.

Jadi biarkan karyawan kita yang mencari uang.

Bismillah ya sayang. Semoga kita sukses di dunia dan di akhirat.

Wkwkwkwkwkw.... 

HEhehehee..

#semangatmenikah
#semangatbermimpi
#semangatmenjadiorangbesar

Monday, May 1, 2017

TERBANG KE JAKARTA

rajelas
Hari ini aku sungguh merindukanmu
Begitu pula dengan kota tinggalmu
Bandung telah memberi sejuta kenangan
Tentangmu yang tak akan pernah ada
Habisnya untuk aku ceritakan
Kepada sahabatku di Jogja

Maafkan janjiku kemarin
Bukannya menemuimu di Bandung
Aku malah terbang jauh ke Jakarta
Membawa sebuah beban pekerjaan yang
Tiada habisnya untuk aku berikan
Kepada perusahaan ini

Kali ini, di meja kerjaku ada sebuah
Gambar dari dirimu yang terbuat dari separuh
Cangkir kopi hitam yang memaksaku untuk
Menuliskan sebuah sajak yang sangat
Sulit untuk aku coretkan dari pena
Kepada kertas putih di depanku

Jikalau aku harus mati karena merindu
Maka lain kali biarlah kubawa kamu terbang
Bersama ke Jakarta